Tenun Troso

 

 Tenun TRoso Jepara

Tepatnya didesa Troso Kecamatan Pecangaan Kaupaten Jepara merupakan salah satu sentra kerajinan Tenun Ikat Troso dan merupakan produk unggulan Kabupaten Jepara setelah industri mebel. kurang lebih terletak sekitar 16 Km arah Tenggara Kota Jepara.
Banyaknya pengerajin yang berkebang saat ini menjadikan Desa Troso semakin luas berkembang dan dikenal sebagai clastre home industry kain ATBM ( alat tenun bukan mesin ). Sesuai dengan perkembangan pasar kerajinan Tenun Ikat Troso , permintaan terhadap produk Tenun Ikat Troso pun semakin berkembang mengikuti permintaan konsumen di era sekarang.

Motif Tenun Ikat Troso Jepara


Motif Tenun Ikat Troso yang khas bernuansa etnis java, tradisional, klasik, dan unik masih dipertahankan hingga sekarang disamping motif motif kontemporer modern. Produk yang dihasilkan Tenun Ikat Troso antara lain Kain Sutra, Sajadah, Bed Cover, Blangket, Sarung, Kain, Mersis (bahan Baju dan Rok), Place met, Taplak Meja dan produk-produk yang cukup menarik lainnya.

Perkembangan Tenun ikat Troso

Perkembangan Home industri Tenun Ikat Troso ini telah mencapai 238 unit usaha dan meyerap tenaga keja sebanyak 4.210 orang pada tahun 2005 dengan nilai investasi lebih dari Rp. 1 Milyar. Produksi Tenun Ikat Troso hingga saat ini telah mencapai sekitar Rp. 54,5 Milyar.

Desa Troso identik dengan kain tenun ikat troso . Tenun ikat Troso memang sangat cukup dikenal di kota Jepara dan masih sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi industri UKM unggulan Jepara selain mebel juga furniture salah satu perusahaan furniture yang sudah lama di jepara adalah www.mebel-jepara.com

Dukungan dari pemerintah daerah dalam mengembangkan tenun ikat troso tercermin dalam pemberlakuan hari seragam pegawai negeri sipil di daerah Jepara. Pada hari Sabtu, setiap pegawai negeri sipil telah diwajibkan memakai busana Khas Tenun Ikat Troso warna biru. Sedangkan hari Kamis diwajibkan menggunakan busana Khas Tenun ikat Troso segala warna.

UKM Tenun ikat Troso Di jepara

Kebijakan ini berdampak pada kelanjutan industri tenun ikat troso ini. Pada umumnya para pengusaha kecil terlampau terfokus pada produksi, sehingga masalah pemasaran terabaikan. Ketika pemasaran terhambat, pada umumnya industri akan mengalami kemandegan. Dengan adanya kebijakan pemerintah di bidang Tenun ikat Troso ini, pemasaran menjadi jauh lebih lancar. Karena ada pasar yang lebih terjamin, atau istilah pemasarannya itu internet marketing,dan salah satu perusahaan Tenun ikat troso di jepara adalah www.tenuntroso.sitekno.com

Desain Product Tenun ikat Troso

Adanya internet marketing, bahan baku yang relatif mudah ini membuat pengusaha Tenun ikat Troso leluasa untuk mengembangkan desain-desain baru yang di inginkan konsumen. Desain baru yang berkembang sekarang inMiringi adalah kombinasi polos dengan tenun ikat. Tenun ikat sebelumnya meliputi seluruh kain. Tetapi desain baru itu hanya beberapa garis vertikal saja yang mengandung tenun. Kombinasi yang unik ini memberi kesan muda dan keren.


Peluang pengembangan lewat internet masih bisa dilakukan. Mengingat posisi Tenun ikat troso sekarang ini masih menjadi vendor atau supplier dari Bali. Balilah yang dikenal sebagai penghasil Tenun Ikat itu, walaupun diproduksi dari Desa Troso. Pengembangan mestinya bergerak dari produksi ansich ke pengenalan merek Tenun Ikat Troso. Jangan dianggap tenun ikat Bali. Tenun Ikat Troso mesti dikenal di indonesia dan terlebih mancanegara.

Mon, 17 Jan 2011 @11:03


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Tenun Ikat BAGIOS
image

TOKO ONLINE TENUN TROSO JEPARA

085290612303


Toko online tenun troso menjual anema macam tenun asli buatan desa troso jepara

MENERIMA PESANAN GROSIR DAN ECERAN

SELAMAT BERBELANJA
Produk Tenun
Link
Kontak Kami

Aris Subagio

Phone: -085290612303 (AS)

            -085640966885 (M3)

BBM : 26E6B39E

Fax : (0291) 754522

Email : ariesbeg@yahoo.co.id

Jasa Pengiriman

Akun Bank

 

 

 

AN         : ARIS SUBAGIO

NOREK : 0204908170

Copyright © 2018 Aries Beg Jepara · All Rights Reserved